Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

0 Comments

Kenapa Konsultan Pajak Resmi Penting Setiap Warga Indonesia?

Pesat tidaknya pembangunan sebuah negara didasari oleh banyak faktor. Salah satunya adalah penerimaan pajaknya. Maka agar penerimaan pajak dapat terlaksana dengan tertib, maka semua pihak harus ikut berperan dalam hal ini. Pihak-pihak tersebut meliputi pemerintah, aparatur pajak, wajib pajak, dan tak tertinggal adalah konsultan pajak resmi.

Khusus untuk konsultan pajak, mereka memiliki peranan yang sangat penting. Bagi pemerintah, konsultan pajak membantu penerimaan pajak. Sedangkan bagi wajib pajak, konsultan ini membantu dalam segala permasalahan pajak. Namun tugas tersebut harus tetap sejalan dengan perundagan yang ada.

Memahami Perpajakan di Indonesia dan Peran Konsultan Pajak Resmi

Untuk bisa memahami tentang apa saja peran konsultan pajak resmi , maka kita perlu tahu lebih dalam tentang perpajakan. Khususnya yang dijalankan di Indonesia. Tentunya memiliki aturan dan sejarah yang berbeda dengan negara lain berdasar pertimbangan tertentu.

Mulai tahun 1995, Indonesia telah menetapkan bahwa sektor perpajakan telah menjadi salah satu sumber penerimaan negara. Maka, perannya sangat penting bagi pembangunan. Tanpa uang pajak, negara akan kesusahan dalam memenuhi segala kebutuhan negara.

Target penerimaan pajak dari tahun ke tahun juga terus ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari Anggaran pendapatan dan Belanja Negara 1997/1998. Penerimaan pajak Indonesia pada tahun tersebut mencapai Rp. 12,2 triliun. Angka ini mencakup 32% dari jumlah volume APBN Indonesia.

Sektor perpajakan makin ditumbuhkan di tahun berikutnya. APBN Revisi 1998/1999, target meningkat hingga Rp. 81,725 triliyun. Aturan yang menjadi pondasi perpajakan di Indonesia bukan hanya Anggaran pendapatan dan Belanja Negara. Melainkan ada aturan perundang-undangan perpajakan.

Mengingat begitu besar harapan negara Indonesia terhadap pajak, maka Wajib Pajak juga harus menyadari hal ini. Tanpa pajak, pembangunan akan terhambat. Dan tanpanya, Anggaran pendapatan dan Belanja Negara tak akan mencapai target.

Di sinilah pentingnya konsultan pajak resmi. Dengan kerjasama dengan pemerintah, diharapkan mampu menuntun wajib pajak untuk menepati kewajiban mereka.

Langkah-langkah Operasional Berkaitan dengan Konsultan Pajak Resmi

Adanya konsultan pajak resmi, bukan hanya membantu wajib pajak. Dengan jasa ini, wajib pajak bisa terhindar dari masalah perpajakan yang bisa berimbas pada sanksi hukum

Di sisi lain, konsultan pajak resmi dan terdaftar juga membantu pemerintah dalam menyukseskan sadar pajak. Dengan demikian, maka bisa dilihat peranan penting bagi jasa ini.

Berikut ini ada beberapa langkah operasional kaitannya dengan jasa konsultan pajak:

  1. Konsultan pajak resmi bergabung menjadi Ikatan Konsultan Pajak Indonesia. Mereka melakukan kerjsama dengan penyuluhan pajak. Dengan demikian akan tercipta sinergi yang baik akan banyak pihak, termasuk pemerintah dan wajib pajak.
  2. Konsultan pajak resmi mampu menyukseskan pemungutan pajak dan penerimaan pajak negara.
  3. Konsultan pajak resmi memberikan konsultasi dan pelayanan tentang kesadaran pajak yang berimbas pada sanksi bagi Wajib Pajak.

Aturan Yang Mengatur Konsultan Pajak Resmi

Konsultan pajak resmi merupakan jasa yang sudah diatur oleh perundangan. Maka, untuk menjadi konsultan pajak, harus memenuhi segala persyaratan yang ada. Hal ini tak lepas dari tanggung jawabnya terhadap penerimaan Anggaran pendapatan dan Belanja Negara. Di sisi lain juga menjadi alat untuk menghindarkan Wajib Pajak dari sanksi hukum jika tak patuh pada pajak.

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.