Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Kenapa Harus Memakai Layanan Kepatuhan Pajak bagi Wiraswasta?
0 Comments

Kenapa Harus Memakai Layanan Kepatuhan Pajak bagi Wiraswasta?

Kenapa harus memakai layanan kepatuhan pajak bagi wiraswasta? Tentu pertanyaan ini akan ada di benak Anda apabila Anda adalah pemilik perusahaan ataupun wiraswasta.

Perlu diketahui bahwa bagi perusahaan maupun wiraswasta ada beberapa ketentuan pajak yang mengenainya. Maka, mengetahui hak dan kewajibannya adalah hal yang sangat penting. Terlebih bagi yang merupakan perusahaan asing di Indonesia.

Perlu adanya layanan kepatuhan pajak yang berasal dari jasa konsultan pajak. Pendampingan dari persiapan bahkan dalam pembayaran pajak akan sangat membantu. Bagi yang belum tahu, inilah pentingnya memiliki konsultan pajak ketika berbisnis.

Peran Penting Layanan Kepatuhan Pajak

Tugas utama bagi layanan kepatuhan pajak ialah memastikan wajib pajak mematuhi hak dan kewajibannya. Beberapa manfaat besar yang diberikan ialah:

  • Membantu persiapan, perhitungan, hingga pelaporan pajak

Dalam semua tahap tersebut, perlu dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Rumitnya prosedur membuat Wajib Pajak malas untuk mengurusi semua hal tersebut, maka kehadiran layanan kepatuhan pajak membantu dalam segala pengurusan.

  • Menghilangkan kesalahan perpajakan

Baik perhitungan maupun pelaporan yang rumit memungkinkan Wajib Pajak dalam melakukan kesalahan. Maka jasa konsultan bisa membantu dalam meminimalisir kesalahan tersebut.

Hal ini juga membuat Wajib Pajak terhindar dari kasus perpajakan yang bisa terjadi. Sengketa yang berujung pada peradilan pajak bisa dihindari dengan kepatuhan semua prosedur yang benar.

  • Tidak perlu mengurusi semua administrasi pajak

Banyak hal yang harus diurus mengenai perpajakan di Indonesia. Misal dalam pembuatan pelaporan hingga pembayaran, semua bisa dibantu oleh konsultan pajak.

Dalam hal ini, layanan kepatuhan pajak memastikan bahwa Wajib Pajak sudah melaksanakan kewajiban perpajakan dengan benar.

  • Menjamin keamanan wajib pajak

Dengan adanya pendampingan dari konsultan pajak terdaftar, maka Wajib Pajak jadi merasa lebih aman. Jika suatu waktu ada pemeriksanaan pajak maka perusahaan akan lebih tenang. Semuanya akan mendampingi baik dari proses sebelum pemeriksaan hingga langkah ini selesai.

Beberapa Layanan Kepatuhan Pajak

Peratutan pajak di Indonesia yang sangat komplek menuntut para pengusaha memiliki layanan kepatuhan pajak dari konsultan pajak. Dengan demikian, maka segala hak dan kewajibannya akan dengan mudah diurusi.

Beberapa hal yang akan diberikan oleh konsultan pajak ialah:

  • Layanan kepatuhan pajak, meliputi:

Persiapan pajak, pelaporan SPT tahunan, pembayaran pajak, pembayaran pajak terutang, pengiriman SPT, penanganan ajak atas nama klien mereka.

  • Layanan perencanaan pajak

Adanya jasa ini bisa meningkatkan efisiensi dalam managemen pajak milik suatu perusahaan. Caranya dengan melakukan identifikasi alternatif sesuai peraturan perpajakan di Indonesia. Metode akuntansi bisa pula diterapkan dalam hal ini.

  • Pemeriksaan laporan pajak

Adanya jasa pemeriksaan pelaporan pajak akan memberi keuntungan berupa adanya evaluasi. Karena pelaporan pajak yang dibuat belum tentu benar. Maka saran dan juga perbaikan laporan bisa memberikan manfaat bagi Wajib Pajak.

Pajak bisa jadi efisien dengan acra yang legal dan sesuai perundang-undangan. Banyak perusahaan yang memakai layanan kepatuhan pajak untuk hal tersebut di atas.

  • Pendampingan dalam pemeriksaan

Saat diperiksa oleh petugas pajak, jasa layanan kepatuhan pajak dari konsultan pajak bisa membantu mendampingi. Selain membuat Wajib Pajak menjadi percaya diri, juga akan dibantu dalam penyiapan dokumen dan skema akuntansi untuk kelancarannya.

Selain beberapa layanan di atas, konsultan pajak juga bisa membantu dalam hal lainnya. Seperti halnya: konsultasi masalah perpajakan, masalah restitusi pajak, dan juga  membantu Wajib Pajak dalam penyelesaian sengketa pajak.

Mengingat peran aktif layanan kepatuhan pajak dalam perpajakan, maka tak heran jika perusahaan dan wiraswasta butuh jasa ini.

Tags: ,