Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Konsultan Pajak Resmi Dan UMKM
0 Comments

Konsultan Pajak Resmi Dan UMKM

Semua orang memiliki hak dan kewajiban dalam perpajakan. Bukan hanya ditekankan bagi perorangan maupun badan usaha besar, serta investor dari luar negeri. Pajak juga berlaku pada UMKM di Indonesia. Pemahaman akan hal ini sangat penting di sampaikan pemerintah. Salah satunya bisa melalui konsultan pajak resmi.

Jasa inilah yang bisa menjadi jembatan bagi Wajib Pajak dan Aparatur Pajak dalam menyukseskan kesadaran pajak di Indonesia.

Fenomena Perpajakan Di Indonesia

Ada fakta tak mengenakkan di dunia perpajakan di Indonesia. Diketahui bahwa angka pembayar pajak di Indonesia tidak besar. sangat miris jika dibandingkan dengan total warga negara atau WNI. Bukan hanya perorangan, melainkan kelas UMKM saja juga malas mendaftarkan diri jadi Wajib Pajak.

Bukan bermaksud menghindari pajak yang harus dibayar. Namun banyak dari mereka yang tak mau berurusan dengan rumitnya pembayaran pajak, seperti:

  1. Perhitungan yang rumit
  2. Aturan yang sering berubah
  3. Aturan yang terlalu rumit dan membingungkan
  4. Kurangnya fasilitas pembayaran pajak

Sosialisasi pembayaran pajak, khususnya bagi UMKM harus terus digalakkan pemerintah. Bagi UMKM sendiri, perlu menyadari peran mereka dalam pembangunan bangsa dengan memberikan pajak sesuai semestinya.

Dari banyaknya kerumitan di atas, maka konsultan pajak resmi dan terdaftar bisa menjadi solusinya. Bagi pemerintah maupun Wajib Pajak, bisa memakai jasa tersebut sebagai jembatan kedua belah pihak.

Karena  pemahaman menyeluruh tentang pajak harus ditingkatkan. Bagi UMKM sendiri membutuhkan konsultan pajak untuk pemberian informasi pajak. Dan penanganan seluruh permasalahan yang terkait di dalamnya.

Bagaimana Aturan pajak UMKM ?

Perpajakan UMKM sudah diatur oleh perundang-undangan. Yakni termaktub dalam PP Nomor 46 tahun 2013. Di dalamnya menyebutkan bahwa pajak penghasilan khusus bagi UMKM yang pencapaian bruto atau omsetnya kurang dari Rp 4,8 miliar pertahun, atau yang omsetnya Rp. 400 juta perbulan, maka perhitungan pajak akan mudah. Besarannya perhitungan pajak ialah hanya bertarif 1 % dari penghasilan bruto.

Aturan tersebut terlihat mudah dipahami. Meskipun pada kenyataannya pemahaman masayarakat  belum sepenuhnya sesuai ekspektasi.

Kenyataan yang ada, banyak orang yang tiak bisa membedakan antara pajak, retribusi dan bea. Ketiganya memiliki perbedaan yang jauh. Maka pemerintah tak bisa berjalan sendiri dan memerlukan konsultan pajak resmi.

Pada akhirnya, pengetahuan masyarakat yang minim ini mempengaruhi pendapatan negara dari pajak. Jika saja semua UMKM memiliki kesadaran pajak, dan mau mengurusnya dengan mudah, maka pendapatan negara akan semakin besar. Lebih lanjut, pembangunan akan semakin meningkat.

Konsekuensi Dunia Perpajakan

Kewajiban yang tidak terpenuhi bisa mendatangkan konsekuensi di kemudian hari. Maka bukan hanya cara pembayaran pajak yang disosialisasikan. Namun juga konsekuensi yang bisa dapatkan jika kewajiban tidak dipenuhi.

Informasi yang lengkap harus di dapat. Bukan hanya UMKM, namun juga masyarakat pada umumnya. Dan bukan hanya perkara kewajiban pajak. Masyarakat juga harus tahu apa keuntungan membayar pajak bagi mereka. Hasilnya harus terlihat agar kesadaran itu menjadi budaya yang positif.

Perusahaan konsultan pajak resmi dalam kerumitan dan fenomena ini turut mengambil bagian. Keikutsertaan jasa ini dalam menyampaikan informasi yang benar bisa membantu meningkatkan kesadaran pajak.

Segala bantuan pengurusan pajak pun juga membantu pemerintah dalam mendapatkan pendapatan maksimal dari perpajakan yang ada. Di sinilah semua memiliki peran penting dalam pembangunan nasional negara Indonesia. Semua pihak saling berperan dan mendapatkan manfaatnya.

Tags: ,