Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Mengenal Lebih Dekat Layanan Audit Umum & Khusus
0 Comments

Mengenal Lebih Dekat Layanan Audit Umum & Khusus

Dalam manajemen keuangan sebuah perusahaan, maka akan ada istilah audit. Apakah Anda tahu apa itu audit? Jika belum, mengenal audit lebih dekat adalah hal yang perlu anda lakukan saat ini. Audit adalah proses ini dipakai untuk mengumpukan data-data yang ada apakah suatu perusahaan sudah memiliki pelaporan keuangan atau pajak yang benar atau belum.

Dari sinilah maka jika ada kecurangan atau sesuatu yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan, maka bisa dilakukan perbaikan. Layanan audit umum & khusus banyak dipakai oleh perusahaan. Sehingga akan lebih membantu perusahaan untuk tetap berada pada sistem pelaporan keuangan yang benar.

Layanan Audit Umum & Khusus Untuk Berbagai Jenis Audit

Jenis audit ada banyak. Jika ditinjau dari luas pemeriksaannya, maka kita akan mengenal istilah audit umum dan khusus. Audit umum bisa disebut dengan general audit. Sementara audit khusus disebut dengan special audit. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

  1. General Audit

Jenis audit ini adalah pemeriksanaan umum atau laporan keuangan yang dilakukan langsung oleh Kantor  Akuntan Pubik. Sifat instansi keuangan ini adalah independen dengan tujuan guna menilai kewajaran pelaporan keuangan suatu instansi atau perusahaan.

  1. Special Audit

Jenis audit ini merupakan pemeriksaan laporan keuangan yang terbatas pada pemintaan audit.

Bagi perusahaan, layanan audit umum & khusus bisa membantu dalam General audit maupun special audit. Jasa ini juag menyediakan konsultasi dan memberikan opini terkait laporan keuangan yang ada.

Layanan Audit Umum & Khusus Untuk Berbagai Bidang

Seperti yang kita tahu, ada banyak bidang pemeriksaan. Semuanya butuh layanan audit umum & khusus. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pelayanan audit laporan keuangan

Laporan audit keuangan ini lakukan dengan pengumpulan bukti tentang pelaporan suatu entitas. Dengan demikian, maka bisa diberikan opini yang sesuai dengan pelaporan yang ada. Idealnya, laporan keuangan suatu perusahaan harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

  1. Audit operasional

Jenis audit ini dikenal dengan Management Audit. Isinya ialah evaluasi pelaporan terkait dengan kebijakan operasional manajemen dan juga kebijakan akuntansi. Hasinya akan diketahui apakah semua manajemen dan operasional berjalan efektif atau tidak.

  1. Audit Ketaatan

Jenis audit ini lebih dikenal dengan Compliance Audit. Untuk prosesnya bisa dibantu oleh layanan audit umum & khusus. Tujuannya ialah untuk memastikan bahwa suatu perusahaan mentaati peraturan dan kebijakan yang telah berlaku.

Dari sinilah maka dapat dilihat sejauh mana suatu perusahaan telah mentaati kebijakan yang ada baik yang dibuat oleh pemerintah maupun internal perusahaan. Entitas yang diaudit idealnya harus mentaati segala peraturan yang ada.

  1. Audit sistem informasi

Inilah salah satu layanan audit umum & khusus yang ada di Indonesia. Pemeriksaan dan evaluasi dilakukan terhadap proses data akuntansi yang ada. Sistem yang dipakai sudah berbasis sistem elektronik.

Berbagai hal harus diperhatikan dalam hal ini. Termasuk juga adalah perlengkapan keamanan untuk melindungi data dalam komputer. Selain itu juga segala pemrosesan semua transaksi, file, laporan serta pencatatan yang ada dalam komputer juga perlu diperiksa.

  1. Audit Forensik

Layanan audit umum & khusus juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemeriksaaan tersebut. Hal ini bisa membantu untuk mencegah adanya kecurangan atau fraud dalam suatu menajemen perusahaan.

Beberapa hal yang menguntungkan perusahaan ialah:

Adanya pemeriksaan kecurangan dalam bisnis serta karyawan. Selanjutnya akan bisa mencegah adanya kerugian dalam suatu bisnis atau perusahaan.

Jika Anda memiliki kendala terkait dengan pelaporan keuangan atau audit, ingin mengkonsultasikan kepada ahlinya segera hubungi Kami.

Tags: , , , , , ,