Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

jasa konsultasi pajak jakarta
0 Comments

Pengertian Jasa Akuntan Dan Konsultan Perpajakan Serta Perannya

Apakah Anda memerlukan jasa akuntan dan konsultan perpajakan? Apakah Anda tahu mengenai jasa akuntan dan konsultan perpajakan serta perannya untuk perusahaan? Jika Anda pemilik badan usaha atau pemilik bisnis tentu tidak asing dengan jasa ini. Pasalnya, sistem perpajakan di Indonesia saat ini masih mengacu pada sistem self assessment. Artinya, bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis Anda perlu menangani sendiri kewajiban perpajakan bisnis yang dijalankan. Dalam pelaksanaannya, Anda perlu mengetahui berbagai aturan yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, ada baiknya Anda terlebih dulu memahami definisi dan deskripsi pekerjaan dari jasa akuntan dan konsultan perpajakan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memahami apa saja yang akan dilakukan oleh mereka untuk perusahaan Anda. Selain itu dengan Anda juga akan dapat menentukan apakah perusahaan Anda benar-benar membutuhkan layanan jasa mereka atau tidak.

Mengenal Jasa Akuntan Dan Konsultan Pajak

a.Definisi Jasa Akuntan Publik

Jasa akuntan publik atau jasa akuntan umumnya disediakan oleh badan usaha maupun seorang akuntan profesional. Biasanya seorang jasa akuntan publik tersebut memiliki izin secara resmi dari pemerintah yaitu dalam menyelenggarakan audit atau pemeriksaan yang terkait dengan aporan keuangan dari sebuah perusahaan. Apabila menggunakan jasa akuntan publik, maka keuangan perusahaan akan dinilai wajar, pas, dan sesuai fakta atau tidak.

b. Bidang Pekerjaan Jasa Akuntan Publik

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang jasa akuntan publik melakukan beberapa bidang pekerjaan. Adapun untuk bidang pekerjaan yang dilakukan oleh akuntan menyediakan dua jenis bidang jasa, yaitu astetasi dan non-astetasi untuk klien.

  • Jasa astetasi adalah jasa yang biasanya ditawarkan oleh instansi atau akuntan publik perseorangan yaitu berupa kegiatan audit umum atas laporan keuangan. Juga pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan proforma, pemeriksaan atas laporan keuangan prospektif, review atas laporan keuangan, dan lain sebagainya.
  • Jasa non-astetasi merupakan jasa yang meliputi akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, kompilasi, serta konsultasi.

a.Definisi Konsultan Pajak

Jika Anda sudah memahami tentang jasa akuntan publik selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah tentang konsultan pajak. Konsultan pajak itu sendiri adalah mereka yang membantu Anda yang menemukan kesulitan dalam mengurus pajak. Konsultan pajak iu sendiri lebih paham mengenai prosedur pemeriksaan dan mengantisipasi kesalahan yang akan terjadi. JasaKonsultan pajak ini jugalah yang akan membuat laporan pajak serta menyelesaikan pelaporan pajak perusahaan Anda.

b.Tugas Dan Tanggung Jawab Konsultan Pajak

Pada pekerjaannya, seorang konsultan pajak umumnya dibayar dengan tarif yang tidak murah. Sehingga mereka akan melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Dalam perannya, mereka memiliki kewajiban untuk mematuhi hal-hal terkait pajak yang dibebankan kepada klien. Konsultan pajak juga akan membantu untuk melakukan penghitungan pajak klien, pembayaran pajak, sampai pada pelaporan pajaknya.

Disisi lain, seorang konsultan pajak juga akan memberikan layanan bantuan bagi Anda agar dapat menekan jumlah pajak yang harus ditanggung. Evaluasi data yang terkait apabila terdapat pajak yang tidak menguntungkan. Karena hal ini akan menjadi tugas dan kewajiban seorang konsultan pajak.

c. Legalitas Jasa Akuntan Pajak

Dalam melakukan tugasnya mengurus perpajakan, seorang akuntan pajak hharus memiliki data lengkap terkait dengan keuangan bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda harus pastikan memilih jasa akuntan yang jelas legalitasnya. Adapun legalitas yang harus mereka miliki  yaitu seperti Sertifikat Tanda Lulus USAP sah yang diterbitkan oleh perguruan tinggi terakreditasi IAPI atau sertifikat resmi dari IAPI itu sendiri sebagai lembaga resmi.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memilih jasa akuntan pajak yang memiliki pengalaman setidaknya seribu jam dalam kurun waktu lima tahun. Atau bisa memilih jasa akuntan publik yang mempunyai lima ratus jam supervisi perserikatan audit umum yang diresmikan oleh pimpinan Kantor Akuntan Publik (KAP).

d.Sertifikat Konsultan Perpajakan

Selain pentingnya untuk mendapatkan jasa akuntan publik yang berlegalitas, memiliki konsultan pajak juga harus yang sudah memiliki sertifikat professional yang resmi dan sah. Hal tersebut bertujuan agar Anda benar-benar yakin bahwa konsultan perpajakan yang digunakan memang kompeten di bidangnya. Pastikan juga mereka telah lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

Pentingnya Menggunakan Jasa Akuntan Dan Konsultan Perpajakan

Setelah diketahui bahwa perusahaan atau badan usaha dalam memenuhi perpajakan perlu untuk menggunakan jasa konsultan pajak dan akuntan, tentu ada banyak alasannya. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa tersebut :

  1. Konsultan perpajakan akan membantu Anda dalam melakukan penghitungan pajak semaksimal mungkin sehingga Anda tak perlu takut terkena resiko pembayaran yang lebih banyak.
  2. Meminimalisir risiko terjadinya kesalahan penghitungan.
  3. Ketika terjadi masalah dalam penghitungan atau analisis, akuntan atau konsultan perpajakan bisa segera mencari solusi dengan cepat.
  4. Pekerjaan administratif perusahaan bisa menjadi jauh lebih ringan.

Tazkia Consulting Jasa Akuntan Dan Konsultan Pajak Professional

Begitu pentingnya perusahaan Anda untuk menggunakan jasa akuntan dan konsultan pajak, namun pastinya Anda perlu mencari perusahaan yang benar-benar professional. Kami Tazkia consulting hadir untuk Anda memberikan pelayanan yang terbaik kepada Anda untuk pelayanan yang memuaskan dan professional tentunya. Sehingga Anda yang kesulitan dalam melakukan pengurusan pajak bisa mengkonsultasikannya kepada Kami.

Terlebih untuk Anda yang sibuk dengan berbagai hal bidang pekerjaan, Kami akan membantu Anda dengan pelayanan yang terbaik. Hubungi Kami untuk informasi layanan Kami.

Tags: , , , , ,