Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Standar Layanan Audit Umum & Khusus
0 Comments

Standar Layanan Audit Umum & Khusus

Suatu perusahaan memiliki tanggung jawab untuk melakukan audit atau pemeriksaan. Hal ini ditujukan untuk meringankan tanggung jawab pada pembuatan penilaian aktivitas perusahaan yang ada. Audit oleh layanan audit umum & khusus bisa membantu dalam hal ini yang bisa disesuaikan dengan standar layanan yang berlaku.

Selanjutnya, hasil audit baik intern maupun eksternal ini akan membantu dalam penilaian tingkat efektifitas pengendalian perusahaan. Saran dan juga rekomendasi perbaikan laporan juga bisa didapatkan.

Apa Itu Layanan Audit Umum & Khusus?

  1. General Audit

Jenis audit ini dikenal sebagai audit umum. Pada proses ini akan dilakukan pemeriksaan serta evaluasi laporan keuangan oleh Kantor Akuntan publik. Sifatnya ialah independen dan objektif. Jadi tidak ada pengaruh kepentingan dari diri mereka sendiri maupun dari pihak lain.

Untuk menyukseskan proses tersebut, dibutuhkan layanan audit umum & khusus. Layanan ini dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan baik lokal, nasional, hingga internasional. Selain itu juga dipakai untuk proses audit sektor publik.

  1. Special Audit

Audit ini dikenal dengan Audit khusus. Pemeriksaan dan evaluasi hanya terbatas pada beberapa subjek sesuai permintaan. Selanjutnya akan diberikan opini maupun rekomendasi terkait dengan laporan keuangan yang diaudit. Salah satu bentuk sarannya ialah dalam pembuatan laporan penerimaan kas perusahaan.

Apa Standar Layanan Audit Umum & Khusus?

Layanan audit umum & khusus  diharuskan memenuhi beberapa standar yang ada. Hal ini mencerminkan profesionalitas layanan audit yang ada. Bukan hanya audit internal, namun juga audit eksternal.

Beberapa standar tersebut ialah:

  1. Standar dalam atribut

Dalam hal ini, setiap layanan audit umum & khusus harus memiliki karakteristik sebagai auditor. Karakter ini harus ada alam individu maupun dalam segala pelaksanaan aktivitas auditnya.

  1. Standar dalam pelaksanaan audit

Semua pelaksanaan manajemen aktivitas audit memiliki standar. Semuanya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

  1. Standar dalam implementasi

Kedua standar di atas diberlakukan sesuai dengan standar implementasi. Yakni dalam pelaksanaan audit tertentu, seperti audit compliance maupun audit fraud.

Membedakan Layanan Audit Umum & Khusus

Banyak bidang audit yang ada, khususnya dalam sebuah perusahaan. Ada audit khusus dan umum. Juga ada audit operasional, keuangan, fraud, kepatuhan dan jenis audit lain.

Namun dalam layanan audit umum & khusus, semuanya memiliki perbedaan. Masing-masing memiliki ketentuan dan prosedur yang berbeda. Beberapa perbedaannya bisa dilihat dari aspek:

  1. Tujuan masing-masing audit
  2. Bentuk laporan duit
  3. Opini dan saran rekomendasi dalam audit

Praktek Layanan Audit Umum & Khusus

Dari banyaknua jenis audit yang ada, kita mengenal 3 kategori pokok dalam prakteknya, yaitu:

  1. Audit keuangan

Jenis audit ini mengkhususkan dalam pemeriksanaan aktivitas ekonomi perusahaan. Dalam prosesnya diperlukan metode akuntansi yang tepat untuk pengukuran efektivitas laporan tersebut.

  1. Audit compliance

Audit kepatuhan ini berupa pengendalian keuangan dan operasional. Dari sini maka bisa dilihat tingkat kepatuhan dari yang diaudit. Karena semuanya harus sesuai dengan hukum aturan, dan juga prosedur yang ada.

  1. Audit operasional

Jenis audit ini meliputi kegiatan untuk melihat kembali komprehensif dalam sebuah instansi. Penilaian dilihat dari segi efisiensi operasional dalam pencapaian tujuan yang telah disepakati bersama.

Itulah berbagai layanan audit umum & khusus yang ada. Baik audit internal maupun audit eksternal, bisa membantu perusahaan maupun sektor publik untuk berkembang dan semakin baik dalam laporan keuangannya.

Tags: , ,