Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Kompetensi Konsultan Pajak Resmi Di Indonesia
0 Comments

Kompetensi Konsultan Pajak Resmi Di Indonesia

Konsultan pajak resmi telah lama berkerja dan dipercaya sebagai mitra pemerintah untuk mendampingi Wajib Pajak dalam penyelesaian masalah pajak. Bukan hanya itu, melalui konsultan inilah, Wajib Pajak juga memiliki pengetahuan lebih baik tentang pajak.

Dalam tujuannya tersebut, maka seorang konsultan pajak diharapkan memiliki kompetensi, skill, dan juga pengetahuan yang memadai. Dengan demikian, maka pelayanan yang diberikan bisa efektif.

Konsultan Pajak Resmi Yang Tersertifikasi

Salah satu persyaratan kompetensi konsultan pajak resmi yang kompeten ialah adanya sertifikasi. Sertifikasi ini berasal dari organisasi konsultan pajak yang terbentuk dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, maka mereka memiliki wewenang dan ijin sebagai tenaga konsultan. Spesifikasi bidang kerja dan profesionalnya ialah dalam hal pengurusan pajak.

Di sini pula, konsultan pajak resmi juga mendapatkan pembekalan, pelatihan, yang membantu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Konsultan Pajak Resmi Sebagai Mitra Pemerintah

Adanya konsultan pajak resmi turut membantu membudidayakan sadar pajak. Selain itu juga melakukan layanan perbaikan penyusunan surat pelaporan tahunan pajak. Dengan demikian memang sudah seharusnya jika konsultan tersebut menjadi mitra pemerintah.

Dalam pelaksanaan tugasnya, konsultan pajak resmi juga harus berpedoman pada undang-undang yang ada. Aturan ini menjadi payung hukum serta pedoman bagi setiap konsultan dalam bekerja.

Dengan partisipasi aktif konsultan pajak, maka tercipta kesadaran pajak Wajib Pajak. Penyaluran informasi-informasi dalam dunia perpajakan juga bisa membantu dalam hal ini. Jadi baik bagi Wajib Pajak maupun pemerintah, sama-sama memperoleh keuntungan dari kinerja konsultan pajak resmi ini.

Konsultan Pajak Resmi dalam Pembangunan Bisnis Baru

Pajak bukan hanya berlaku bagi bisnis yang sudah maju dan besar saja. Bagi bisnis baru, ada pula pemberlakuan pajak. Maka sebelum merencanakan sebuah bisnis, perlu adanya bantuan dari konsultan pajak resmi.

Dengan demikian, maka di masa depan kemungkinan adanya sengketa pajak bisa diminimalisir. Terlebih lagi, ada fakta bahwa dunia perpajakan di Indonesia dikenal rumit. Hal ini diperparah dengan aturan yang sering berubah-ubah seiring dengan perkembangan jaman.

Di sinilah, peran jasa konsultan pajak makin dirasakan oleh Wajib Pajak. Baik pribadi, badan usaha, maupun perusahaan termasuk orang-orang yang butuh jasa konsultan pajak.

Konsultan Pajak Resmi Membantu Dalam Self Assessment

Pemerintah sudah menerapkan aturan baru. Hal tersebut terkait dengan aturan perhitungan pajak. Pemerintah memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak untuk melakukan perhitungan sendiri. Disebut juga dengan self-assessment.

Bukan hanya soal perhitungan, namun berbagai hal terkait pajak juga bisa diurus sendiri oleh Wajib Pajak. Maka, keterlibatan aparatur pajak jadi terbatas.

Hak di atas memberikan keuntungan sekaligus tantangan bagi Wajib Pajak. Perhitungan yang rumit dan proses yang panjang membuat siapa saja sulit merealisasikan pajak.

Maka dari itulah, konsultan pajak resmi berperan aktif dalam hal ini. Penggunaan konsultan perpajakan membantu Wajib Pajak terhindar dari sengketa dan kerumitan pajak di Indonesia.

Memakai Konsultan Pajak Resmi Untuk Pengurusan Pajak

Salah satu cara paling mudah menemukan konsultan pajak resmi ialah dengan menghubungi kantor konsultan pajak. Di sanalah akan ditemui konsultan yang professional dalam bidang pajak yang sudah berpengalaman

Namun bukan menjadi hal yang mudah untuk menemukan yang tepat. Konsultan pajak resmi yang terpercaya harus memiliki sertifikasi sebagai tanda kompetensinya yang cukup untuk penanganan setiap masalah pajak yang dihadapi.

Tag: ,