Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Konsultan Pajak Resmi dalam berbagai Permasalahan Pajak
0 Comments

Konsultan Pajak Resmi dalam berbagai Permasalahan Pajak

Membayar pajak adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia. Karena pajak adalah sumber penerimaan yang penting bagi negara. Di sanalah didapat pembiayaan bagi pengeluaran negara. Struktur pajak di Inonesia sendiri terbagi atas:

  1. Pajak penghasilan
  2. Pajak penjualan barang mewah
  3. Pajak bumi dan bangunan
  4. Pajak daerah dan retribusi daerah
  5. Pajak pertambahan nilai barang an jasa
  6. Bea perolehan atas tanah dan bangunan
  7. Bea materai

Mengenal Fungsi Pajak

Dari berbagai jenis pajak atas, tentu ada yang bertanya, apa fungsi pajak itu? pajak berfungsi secara fiscal untuk memasukkan dan asecara optimal ke kas negara. Aturannya sesuai undang-undang perpajakan yang berlaku.

Fungsi lainnya ialah sebagai dana tambahan. Disebut pula denganistilah regulerend. Dana dari pajak ini dipakai pemerintah untuk berbagai kepentingan. Seperti halnya untuk memberantas kebiasan mabuk masyarakat. Untuk itu akan dikenakan tariff pajak yang tinggi untuk minuman keras. Diharapkan akan semakin sedikit orang yang akan membelinya.

Mengenal Sistem Perpajakan Di Indonesia

Bagi Wajib Pajak, sangat penting untuk mengetahui tentang sistem perpajakan di Indonesia. Jika merasa terlalu rumit, maka bisa memakai konsultan pajak resmi. Dari merekalah Anda bisa bertanya mengenai sistem pajak di Indonesia.

Ketahui pula apa hak dan kewajiban yang dimiliki. Dengan demikian akan tercipta kepatuhan pajak yang baik. Hal ini dikarenakan, Indonesia menetapkan sistem yang unik di mana Wajib Pajak memiliki keleluasaan untuk memakai konsultan pajak resmi untuk membantu perhitungan hingga pengenalan sistem pajak yang ada.

Berikut inilah beberapa sistem pajak di Indonesia yang wajib dipahami:

  • Self-Assessment System

Sistem ini memberikan kebebasan dan kepercayaan bagi Wajib Pajak untuk melaksanakan sendiri kewajiban dan hak perpajakannya.

  • Official Assessment System

Dalam sistem ini, inisiatif dalam pemenuhan kewajiban perpajakan ada pada pihak fiskus. Maka fiskuslah yang  harus mencari Wajib Pajak. Selanjutnya akan diberikan NPWP hingga penerbitan Surat Ketetapan Pajak.

  • Withholding Assessment System

Dalam sistem ini, pihak ketigalah yang diberikan tugas dan kepercayaan dalam memungut besaran pajak terhadap Wajib Pajak.

Dari penerapan semua sistem tersebut, tak sedikit Wajib Pajak yang kurang memahaminya. Padahal, pada hak dan kewajiban Wajib Pajak, ada sangsi yang diebrlakukan bagi kewajiban yang tak terpenuhi oleh Wajib Pajak.

Maka setiap tahunnya ditemui berbagai masalah dan sengketa pajak. Dalam hal ini maka dibutuhkan konsultan pajak resmi. Jasa ini membantu Wajib Pajak dalam mempelajari pajak dan pemenuhannya yang benar sesuai aturan yang ada.

Masalah Yang Muncul dalam Perpajakan di Indonesia

Dalam perpajakan khususnya di Indonesia, banyak muncul masalah perpajakan. Namun pastinya hal ini tak akan terjadi jika konsultan pajak resmi ikut membantu Wajib Pajak dalam meningkatkan kesadaran pajak.

Beberapa masalah dan pelanggaran yang menimbulkan sengketa tersebut ialah:

  1. Surat Pemberitahuan Tahunan yang tidak benar
  2. Memperkecil penghasilan dengan hanya sebagian saja yang dilaporkan
  3. Memperbesar harga barang yang dijual
  4. Memperbesar beban usaha yang dimiliki, bertujuan untuk membuat utang fiktif
  5. Meninggikan harga impor
  6. Merendahkan harga pegawai untik perhitungan pajak penghasilan
  7. Pembayaran secara terselubung kepada pemegang saham

Dengan sel-assessment sistem, Wajib Pajak diberikan kebebesan dalam menghitung sendiri pajak yang dibayar. Permasalahan kemudian muncul ketika hasil dari perhitungan sendiri tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Maka pemerintah mengharapkan peran aktif dari konsultan pajak resmi untuk mendampingi Wajib Pajak dalam pemenuhan hak serta kewajibannya.

Tag: , ,