Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Kualifikasi Khusus Konsultan Resmi Pajak Indonesia
0 Comments

Kualifikasi Khusus Konsultan Resmi Pajak Indonesia

Pentingnya mengenal kualifikasi konsultan pajak resmi di Indonesia bagi Anda perusahaan yang setiap tahunnya melakukan pengurusan pajak. Agar Anda tidak salah dalam menggunakan layanan jasa konsultan pajak, maka anda harus mengetahui apa saja kualifikasi konsultan resmi pajak.

Hal ini seperti yang diketahui, bahwa pajak memiliki peran penting dalam kesuksesan pembangunan nasional. Tanpa adanya dana segar dari pajak, maka pembangunan dan pemerintahan akan sulit berjalan. Pajak ini didapat negara baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam hal ini, peran konsultan resmi pajakĀ  ikut mendukung. Karena adanya peran konsultan pajak sangat membantu bagi mereka yang merasa kesulitan dalam pengurusan pajak.

Konsultan pajak bersama pemerintah bersama mengupayakan kepatuhan pajak bagi wajib pajak. Hal ini didukung pula dengan aturan perundangan yang jelas. Di sana terdapat kewajiban, hak, dan sangsi bagi wajib pajak.

Kualifikasi Khusus Konsultan Resmi Pajak

Mengingat tugas konsultan resmi pajak sebagai perpanjangan tangan pemerintah, maka perlu kualifikasi. Tentunya mengingat tugas jasa ini untuk memastikan pelaksanaan hak dan kewajiban wajib pajak di Indonesia.

Maka, untuk menjadi konsultan pajak, pemerintah sudah menerapkan beberapa aturan. Salah satunya adalah kualifikasi yang harus dipenuhi seseorang untuk menjadi konsultan pajak. Beberapa kualifikasi tersebut adalah:

  • Konsultan pajak harus memiliki sertifikat konsultan pajak. Sertifikat ini juga sering dikenal dengan Brevet Konsultan Pajak.
  • Konsultan pajak wajib memiliki ijin praktek. Ijin ini diterbitkan langsung oleh Direktur Jenderal Pajak.

Kedua persyaratan umum tersebut wajib dipenuhi wajib pajak. Dengan demikian, maka wajib pajak juga terlindungi. Kenapa bisa? Ya, karena mereka bisa mendapat layanan dari professional untuk memastikan hak dan kewajiban mereka bisa terpenuhi.

Sertifikat dan ijin yang ada menunjukkan kredibitas seseorang untuk membuka layanan konsultan pajak yang kompeten.

Sertifikat Yang Dimiliki Konsultan Resmi Pajak di Indonesia

Sertifikat di sini mengacu pada piagam atau tanda lulus. Di dalamnya menunjukkan tingkat keahlian seseorang dalam memberikan jasa, khususnya dalam hal perpajakan.

Jasa konsultan pajak harus lulus dari Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak. Dengan demikian, barulah piagam bisa diberikan. Ujian diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia. Tentunya dengan pengawasan Direktorat Jenderal Pajak bersama Pusat Pendidikan dan Latihan Pajak.

Sertifikat ini memiliki beberapa tingkatan, yaitu:

  • Sertifikat A

Sertifikat atau Brevet A ini menunjukkan bahwa konsultan resmi pajak bisa memberikan jasa di bidang perpajakan bagi wajib pajak pribadi. Khususnya bagi pelaksanaan semua hal dan pemenuhan semua kewajiban perpajakan.

Terkecuali bagi wajib pajak yang domisilinya ada di negara tertentu yang memiliki perjanjian penghindaran pajak berganda.

  • Sertifikat B

Sertifikat atau Brevet B menunjukkan bahwa konsultan resmi pajak bisa memberikan jasa bidang perpajakan kepada wajib pajak Orang Pribadi maupun Badan. Khususnya dalam pelaksanaan hal dan pemenuhan perpajakannya.

Terkecuali Wajib Pajak Penanaman Modal, Bentuk Usaha Tetap serta para Wajib Pajak yang domisilinya ada di negara tertentu. Yang mana negara tersebut memiliki perjanjian penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.

  • Sertifikat C

Sertifikat atau Brevet C menunjukkan bahwa konsultan pajak bisa memberikan jasa bagi wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan guna pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya.

Pemberian jasa termasuk Wajib Pajak Penanaman Modal, Bentuk Usaha Tetap dan Wajib Pajak yang domisilinya di negara dengan perjanjian penghindaran pajak berganda.

Jaminan Perlindungan Wajib Pajak akan Konsultan Resmi Pajak Indonesia

Wajib Pajak berhak mendapat konsultan resmi pajak. Tentunya harus yang memiliki kredibiltas dan kompetensi yang mumpuni. Makanya, pemerintah membuat kualifikasi khusus untuk konsultan tersebut.

Dengan demikian, Wajib Pajak bisa memakai jasa konsultan pajak resmi dan terdaftar tanpa ada kekhawatiran. Mengingat hal ini, maka penting bagi Wajib Pajak untuk memeriksa kualifikasi yang dimiliki konsultan pajak.

Tag: , ,