Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Layanan Audit Umum & Khusus dalam Transaksi Perpajakan
0 Comments

Layanan Audit Umum & Khusus dalam Transaksi Perpajakan

Dalam dunia perpajakan, tidak jarang sebuah perusahaan butuh tenaga eksternal untuk pengurusannya. Hal ini pun sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa akuntan publik dan jasa konsultan pajak bisa memberikan pelayanan. Termasuk juga dalam layanan audit umum & khusus.

Kemudahan Layanan Audit Umum & Khusus

Dengan aturan baru pemerintah, maka perusahaan atau perorangan bisa memakai jasa layanan audit umum & khusus. Dengan begitu, maka perusahaan tersebut tak perlu lagi diperiksa oleh auditor pajak.

Kemudahan ini membuat para Pajak bisa menghindarkan segala resiko yang bisa berakhir pada sengketa pajak. Di Indonesia sendiri, akuntan publik bisa memberikan jasa layanan yang relevan. Salah satunya bidang audit perpajakan. Tentunya harus memenuhi beberapa persyaratan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Memiliki ijin yang sah
  2. Memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, kompeten, dan bersertifikat
  3. Melakukan kepatuhan pajak sesuai dengan peraturan perundangan yang ada
  4. Memberikan jasa yang relevan dengan bidang keahlian.

Dalam bidang perpajakan khususnya, maka jasa yang diberikan harus relevan dan sejalan dengan laporan keuangan.

Memang adanya jasa bisa membantu perusahaan-perusahaan. Namun semuanya dilakukan berdasarkan kode etik dan juga norma yang ada. Dalam bidang profesi ini ada kode etik dan standar profesi sesuai peraturan perundang-undangan yang ada.

Layanan Audit Umum & Khusus dalam Laporan Keuangan

Semua transaksi pajak biasanya tercermin dalam laporan keuangan. Maka layanan audit umum & khusus sangat diperlukan untuk mengurangi resiko perpajakan di masa depan. Pemakaian jasa ini sudah umum dipakai oleh pimpinan perusahaan.

Dalam prosesnya, Wajib Pajak harus menyusun serta menyetujui laporan keuangan yang ada. Barulah diaudit oleh akuntan publik. Hasilnya disertakan dalam surat pemberitahuan tahunan. Akhirnya akan dilaporkan kepada Direktorat Jenderal Pajak.

Fungsi Layanan Audit Umum & Khusus

Ada tujuan khusus dan fungsi dari penggunaan jasa layanan audit umum & khusus. Bukan hanya memudahkan pekerjaan managemen keuangan internal perusahaan. Namun juga ada begitu banyak  fungsi lainnya, seperti:

  1. Meningkatkan kualitas laporan keuangan yang dilaporkan perusahaan
  2. Mengurangi resiko pajak di kemudian hari jika bermasalah
  3. Meningkatkan kepatuhan pajak Wajib Pajak hingga lebih baik lagi di masa depan
  4. Sebagai independent check pada sistem self assessment pajak saat ini
  5. Memeriksa kewajiban pajak, khususnya dalam urusan kepatuhan pajak

Sudah sangat umum dan memang diperbolehkan dilakukan, bahwa audit boleh dilakukan oleh eksternal perusahaan. Hal ini atas persetujuan pimpinan perusahaan.

Kinerja layanan audit umum & khusus membantu pemerintah pula dalam melaksanakan kepatuhan pajak bagi Wajib Pajak. Bagi perusahaan pun juga ada banyak keuntungan seperti yang disebutkan di atas.

Trend memakai layanan audit umum & khusus juga meningkatkan pelaporan surat pelaporan tahunan. Kesadaran membayar pajak yang meningkat turut serta meningkatkan pemasukan negara dari sektor ini.

Tak heran jika layanan audit umum & khusus semakin banyak digunakan dengan manfaat yang diberikan. Meskipun ada audit yang dilakukan oleh internal, namun adanya layanan audit umum & khusus membantu perusahaan untuk memperbaiki pelaporan dengan lebih baik lagi.

Hal di atas dikarenakan layanan audit umum & khusus adalah bersifat independent. Hasilnya sudah bisa dipakai tanpa dilakukan audit kembali oleh pemerintah.

Tag: ,