Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Manfaat Layanan Bantuan Litigasi Audit Pajak Bagi Wajib Pajak
0 Comments

Manfaat Layanan Bantuan Litigasi Audit Pajak Bagi Wajib Pajak

Persoalan pajak bukanlah hal yang sederhana. Adanya kepatuhan pajak sangat diharapkan oleh pemerintah. Lantaran pajak merupakan suatu  sumber dana bagi negara untuk pembangunan. Bagi Wajib Pajak sendiri, urusan pajak memang menjadi suatu beban. Namun ada cara untuk memudahkan segala urusan ini, yaitu memakai jasa layanan bantuan litigasi audit pajak.

Pikiran, waktu, dan juga tenaga akan berkurang jika memakai layanan tersebut. Tidak perlu memakai sumber daya internal di perusahaan. Karena memakai sumber daya dari eksternal adalah yang termudah untuk memastikan setiap masalah pajak bisa selesai dengan mudah.

Inilah Manfaat Layanan Bantuan Litigasi Audit Pajak 

Bagi pemerintah, layanan bantuan litigasi audit pajak juga memberikan andil besar dalam kesadaran pajak. Layanan yang diberikan konsultan pajak ini bisa menumbuhkan angka pajak namun tetap tidak merugikan Wajib Pajak. Tentu dengan perhitungan yang tepat.

Bagi Direktorat Jenderal Pajak, konsultan pajak adalah mitra. Meskipun bukan pegawai pajak, namun mereka memakai pedoman kerja yang mematuhi etika. Jasa ini menyebarluaskan dan memasyarakatkan perundang-undangan pajak.

Dengan demikian, maka wajib pajak bisa memenuhi kewajiban mereka. Tanpa bantuan layanan bantuan litigasi audit pajak dan konsultan pajak, maka pengurusan pajak bisa terhambat.

Maka, sebelum membahas manfaat layanan bantuan litigasi audit pajak bagi Wajib pajak, berikut ini ada beberapa manfaat layanan konsultan pajak bagi negara:

  1. Meningkatkan kesadaran pajak

Dalam hal ini, konsultan pajak dalam pemberian layanannya harus melaksanakan kemwajiban perpajakan. Secara tidak langsung juga turut meningkatkan pembangunan nasional.

  1. Menciptakan iklim perpajakan nasional yang kondusif

Di sini, konsultan pajak dan layanan bantuan litigasi audit pajak turut melakukan kontrol sosial. Yakni dalam hal melihat apakah aparat pajak dalam menunut hak penerimaan negara di bidang pajak sudah sesuai dengan aturan yang berlaku atau belum.

  1. Memicu peningkatan mutu layanan perpajakan

Dengan adanya sistem kontrol dari konsultan pajak ini, maka secara tidak langsung, kinerja aparatur pajak bisa meningkat. Akhirnya akan tercipta kinerja yang efektif dalam pelayanan kepada masyarakat.

Bagi wajib pajak sendiri, layanan bantuan litigasi audit pajak tentunya memberikan banyak manfaat. Apalagi saat ini ada sistem self-assessment. Aturan ini memberikan kepercayaan bagi Wajib Pajak untuk menghitung sendiri berapa besar pajaknya.

Bagi yang kesulitan dalam menjalankannya, maka tugas layanan bantuan litigasi audit pajak untuk membantu. Karena untuk melakuakn self-assessment dituntut untuk memahami dan menguasai tentang ketentuan perundangan pajak di Indonesia.

Baik itu layanan bantuan litigasi audit pajak maupun fungsi lainnya dari konsultan pajak, secara keseluruhan, manfaatnya bagi Wajib Pajak adalah:

  1. Memberikan jasa berupa tax compliance audit
  2. Membantu perhitungan pajak yang harus dibayarkan
  3. Memberikan pengarahan akan penyusunan SPT atau surat pemberitahuan tahunan yang harus sesuai dengan aturan yang berlaku
  4. Pemberian konsultasi jika Wajib Pajak memiliki masalah dalam hal perpajakan.

Dari uraian di atas, maka bisa dilihat bahwa ada peran nyata dari konsultan pajak, khususnya layanan bantuan litigasi audit pajak di Indonesia. Terutama dalam menciptakan iklim perpajakan yang kondusif. Ada manfaat dalam banyak hal, termasuk bagi negara dan juga Wajib Pajak.

Khususnya bagi Wajib Pajak, akan ada informasi yang jelas tentang hak-hak mereka. Karena konsultan pajak bukan hanya akan menyampaikan kewajiban mereka, namun juga hak-hak mereka sebagai pembayar pajak di Indonesia.

Tag: ,