Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Mengenal Kuasa Hukum Pajak Bersertifikat dan Perpajakan di Indonesia
0 Comments

Mengenal Kuasa Hukum Pajak Bersertifikat dan Perpajakan di Indonesia

Kuasa hukum pajak bersertifikat merupakan pengacara yang akan mendampingi Wajib Pajak. Terutama pada perkara yang melibatkan persoalan pajak di Badan Peradilan Pajak. Dengan ini, maka akan memudahkan Wajib Pajak dalam mengajukan permohonan gugatan atau banding.

Namun, sebelumnya, perlu diketahui pula hal lainnya. seperti dasar-dasar perpajakan di Indonesia. Hal ini penting sekali mengingat belum banyak yang paham mengenai pajak di Indonesia. Sehingga membuat Wajib Pajak kurang paham apa tugas dan kewajiban mereka.

Inilah unsur-unsur pajak yang harus Anda tahu:

  • Pungutan pajak

Besaran pungutan pajak ditentukan berdasarkan undang-undang. Sifatnya adalah memaksa. Jika ada keterlambatan, maka akan ada sanksi, bisa berupa sanksi administrative, pembayaran denda maupun sangsi lainnya.

  • Tidak ada timbal balik

Maksudnya, semua Wajib Pajak maupun yang tidak membayar pajak bisa menikmati semua fasilitas pemerintah dengan sama. Jadi, jalan raya bisa dipakai siapa saja, termasuk yang tidak membayar pajak sekalipun.

  • Pajak untuk kepentingan rakyat

Pajak adalah sumber pemasukan terbesar ketiga bagi pemerintah. Dengan dana tersebut, maka memungkinkan untuk melakukan pembangunan dalam berbagai sektor. Jadi pajak itu dari rakyat untuk rakyat.

Rumah sakit, jalan raya, dan fasilitas umum lainnya dibiayai dengan pajak. Orang yang tidak membayar pajak artinya tidak memiliki kesadaran untuk membangun negeri. Karena konstribusi pajak sangat besar dan mempengaruhi APBN negara.

  • Pungutan bersifat memaksa

Semua pembayaran pajak wajib bagi semua orang. Maka, pelanggaran harus diminimalisir terjadi. Baik bagi individu maupun bagi perusahaan, wajib menaati pembayaran pajak yang berlaku.

Setiap sengketa yang terjadi akan masuk ke dalam peradilan. Hal ini jika Wajib Pajak melayangkan gugatan atau permohonan banding tentang penarikan pajak. Kuasa hukum pajak bersertifikat akan berperan dalam hal ini.

Sementara itu, jenis pajak ada banyak sekali. Hampir setiap lini kehidupan rakyat, selalu dikenai pajak. Mungkin hal ini tidak sadari bagi banyak orang. Karena pengetahuan sangat minim.

Setidaknya ada beberapa jenis pajak yang bisa disebutkan di sini:

  • Pajak negara
  • Pajak pertambahan nilai
  • Pajak penjualan barang mewah
  • Pajak penghasilan
  • Bea masuk
  • Cukai
  • Pajak daerah dan provinsi
  • Pajak kendaraan bermotor
  • Pajak rokok
  • Dan jenis pajak lain yang masih sangat banyak

Bahkan setiap jenis usaha yang berdiri di Indonesia perlu membayar pajak. Hal ini tak bisa dipungkiri karena merupakan sumber pemasukan besar bagi negara.

Mungkin hal inilah yang membuat orang malas bayar pajak. Selain itu, besaran pajak dan pungutan bisa jadi memberatkan bagi Wajib Pajak.

Dari hal inilah maka muncul banyak masalah pajak. Badan Peradilan Pajak yang bertugas memutuskan setiap perkara perpajakan. Sementara Wajib Pajak bisa didampingi oleh kuasa hukum pajak bersertifikat. Dari hasil peradilan, maka bisa dihasilkan putusan yang terbaik bagi semua pihak.

Jika Anda bermasalah dengan pajak, ingin mengurus pajak dan memiliki kesulitan dalam penurusan pajak percayakan saja pada Kami konsultan pajak berpengalaman. Kami siap bantu anda melakukan pengurusan pajak.

Tag: , ,