Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Mengenal Pentingnya Layanan Audit Umum & Khusus dalam Sektor Publik
0 Comments

Mengenal Pentingnya Layanan Audit Umum & Khusus dalam Sektor Publik

Layanan audit umum & khusus bukan hanya ditujukan untuk suatu perusahaan atau bisnis. Nyatanya, layanan ini dibutuhkan oleh semua bidang maupun sektor public. Seperti halnya pada organisasi independen, aktivitas audit yang objektif dibutuhkan untuk meningkatkan operasi suatu organisasi.

Kode Etik dalam Layanan Audit Umum & Khusus

Dalam pelaksanaan suatu audit dalam bidang apapun, dibutuhkan kode etik. Dengan demikian maka pelaksanaannya bisa sesuai dengan peraturan yang ada. Bagi auditor, baik internal maupun eksternal sudah selayaknya mentaati beberapa kode etik yang ada, seperti:

  • Integritas

Integritas bisa diartikan dengan kejujuran, yakni melakukan apa yang sudah selayaknya dilakukan. Dengan kode etik ini, maka layanan audit umum & khusus bisa membangun kepercayaan sebagai landasan penilaian.

Dalam profesi apapun, integritas adalah suatu hal yang mutlak. Apalagi dalam penyediaan layanan audit umum & khusus.

  • Objektivitas

Selain integritas, layanan audit umum & khusus juga harus memiliki objektivitas. Dalam beberapa proses, prinsip ini sangat penting. Seperti halnya dalam pengumpulan bukti, proses evaluasi, serta dalam mengkomunikasikan semua informasi tentang kegiatan yang diperiksa.

Penilaian yang ada juga harus seimbang sehingga bisa relevan dengan hasil yang diharapkan. Audit internal maupun eksternal harus tidak dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan pihak tertentu maupun kepentingan mereka sendiri.

Karena dalam audit, penilaian yang sifatnya objektif sangatlah penting. Selain itu juga mengharuskan setiap orang di dalamnya untuk tidak memihak, dan bebas dari benturan kepentingan yang ada.

  • Kerahasiaan

Inilah kode etik yang harus diterapkan oleh layanan audit umum & khusus. Auditor harus menghormati kepemilikan informasi. Mereka tidak diperbolehkan untuk mengungkapkan informasi apapun jika tidak memiliki ijin.

Informasi yang boleh dibagikan adalah hal-hal tertentu yang diperbolehkan dalam peraturan perundang-undangan yang ada.

  • Kompetensi

Sudah selayaknya bahwa suatu profesi memiliki kompetensi dalam bidangnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pendidikan formal maupun sertifikat. Hal ini juga berlaku bagi layanan audit umum & khusus.

Untuk bisa menangani klien dari berbagai golongan termasuk sektor publik, mereka harus memiliki kompetensi yang cukup. Hal ini termasuk:

  • Pengetahuan
  • Pengalaman
  • dan keterampilan dalam bidang audit

Layanan Audit Umum & Khusus Eksternal

Audit bukan hanya bisa dilakukan oleh pihak internal. Untuk menjamin hasil audit yang objektif, maka banyak perusahaan yang memakai layanan audit umum & khusus.

Layanan ini memiliki tanggung jawab, berupa:

  1. Kredibiltas dalam laporan keuangan dalam suatu bisnis
  2. Merumuskan resiko yang bisa saja terjadi di masa depan serta solusi yang telah direncanakan
  3. Mengevaluasi hasil audit dengan cermat dan cara yang seefektif mungkin.
  4. Memberi dasar pengambilan keputusan atau tindakan yang dilakukan manajemen
  5. Memberikan rekomendasi atau nilai tambah terhadap menajemen

Melihat tanggung jawab yang besar tersebut, maka tak heran jika layanan audit umum & khusus harus memiliki kompetensi yang cukup. Pengalaman dalam bidang audit juga bisa membantu dalam penanganan segala hal yang menyangkut dengan resiko kedepan.

Penggunaan layanan audit umum & khusus eksternal dinilai lebih menguntungkan bagi perusahaan maupun sektor publik. Apalagi jika suatu badan usaha belum berkembang. Maka untuk penghematan sumber daya manusia bisa dilakukan dengan cara demikian.

Hasil dari layanan audit umum & khusus juga bisa dipertanggung jawabkan. Karena profesi ini menjunjung tinggi kode etik yang ada.

Tag: ,