Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Pentingnya Layanan Kepatuhan Pajak Di Indonesia
0 Comments

Pentingnya Layanan Kepatuhan Pajak Di Indonesia

Kesadaran membayar pajak di Indonesia masih sangat minim. Hal ini ditandai dengan masih sedikitnya orang Indonesia yang membayar pajak. Mayoritas tidak mau membayar pajak dengan banyak alasan. Rumitnya perpajakan di Indonesia juga menjadi salah satunya. Maka, layanan kepatuhan pajak menjadi sangat penting.

Hal tersebut menyangkut pemerintah dan wajib pajak. Jasa tersebut menjadi jembatan untuk menyukseskan kesadaran pajak warga Indonesia. Sehingga diharapkan wajib pajak akan semakin meningkat.

Kalau sudah begitu, maka fungsi pajak bisa maksimal dan terpenuhi. Pajak demi pembangunan negara, harus dijaga pemasukannya. Apalagi dengan fungsi pajak yang luar bisa kompleks.

Fungsi Pajak Dan Peran Layanan Kepatuhan Pajak

Layanan kepatuhan pajak bukan hanya membantu pemerintah dalam menuntaskan masalah pajak. Namun juga membantu meningkatkan kesadaran akan pajak. Karena pajak sangat penting dengan banyak fungsi, diantaranya:

  • Fungsi anggaran

Dalam hal ini, pajak berfungsi sebagai kas negara. Dari uang pajak yang masuk, maka selanjutnya akan dipakai untuk pembangunan segala bidang.

Pendidikan, kesehatan, dan transportasi umum hanyalah beberapa contoh penggunaan pajak. Selebihnya ada banyak sekali manfaat dari dana pajak yang masuk ke pemerintah.

  • Fungsi mengatur

Pajak bisa berperan dalam mengatur pertumbuhan ekonomi. Misalnya untuk menanamkan modal di sektor dalam maupun luar negeri. Akhirnya, uang pajak akan berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

  • Fungsi stabilitas

Layanan kepatuhan pajak membantu menyadarkan Wajib Pajak akan peran pemasukan pajak itu sendiri. Salah satunya untuk menstabilkan harga. Dengan demikian, maka adanya inflasi bisa diminimalisir.

  • Fungsi redistribusi pendapatan

Pajak yang dipakai untuk pembangunan nasional pada akhirnya akan bisa membuka banyak pembangunan. Pada akhirnya akan tercipta banyak lapangan kerja bagi masyarakat. Inilah efek dari pembayaran pajak sesuai ketetapan yang berlaku.

Pungutan Pajak di Indonesia

Besaran pajak harusnya tidak membebankan masyarakat. Maka dalam pembayaran pajak, ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pungutan harus adil

Semua pelaksanaan pungutan sudah diatur oleh perundang-undangan. Hak dan kewajiban semua orang sama. Sangsi yang berlaku pun juga sama.

  • Besaran pungutan sesuai undang-undang

Semua pungutan akan berguna bagi negara. Namun besarannya harus sesuai dengan aturan yang ada. Jangan sampai ada pungutan yang membebankan masyarakat. Dan setiap Wajib Pajak memiliki hak dan kewajiban. Untuk mempelajarinya, bisa dengan konsultasi kepada layanan kepatuhan pajak.

  • Memakai sistem sederhana

Maksudnya adalah sistem pemungutan haruslah sederhana. Dengan demikian, maka tak ada aturan yang membingungkan bagi siapa saja.

Aturan yang ada harusnya juga tidak rumit. Karena aturan yang sulit akan membingungkan warga. Akibatnya banyak yang malas bayar pajak.

Di sinilah sekai lagi peranan layanan kepatuhan pajak sangat penting. Baik bagi pemerintah maupun bagi Wajib Pajak. Sehingga akan terciptakan ketertiban dalam pungutan maupun pembayaran pajak yang seharusnya.

Sanksi-Sanksi Dalam Perpajakan

Dalam dunia pajak, sanksi berlaku. Tujuannnya adalah untuk membuat setiap pembayaran dilakukan dengan tertib dan sesuai aturan yang ada. Kalau demikian, maka negara tak akan dirugikan. Selain itu, Wajib Pajak juga tak akan mengalami kerugian akibat sanksi.

Berikut ini beberapa sanksi yang diberlakukan:

  1. Sanksi berupa denda
  2. Sanksi berupa bunga
  3. Sanksi berupa kenaikan
  4. Sanksi pidana

Masing-masing memiliki landasan hukum. Maka, pelajari lebih lanjut tentang pajak di Indonesia. Caranya dengan berkonsultasi dengan layanan konsultan pajak terdaftar yang akan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi siapa saja.

Tag: ,