Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Peran Konsultan Pajak Resmi dalam Rumitnya Aturan Pajak Indonesia
0 Comments

Peran Konsultan Pajak Resmi dalam Rumitnya Aturan Pajak Indonesia

Peran konsultan pajak resmi di Indonesia begitu penting. Hal ini dipengaruhi dari aturan dan perundangan perpajakan di Indonesia bukan main-main. Ada sangsi yang diberikan bagi pelanggar pajak. Maka segala urusan perpajakan harus terselesaikan. Di sinilah pentingnya peran konsultan pajak resmi di Indonesia.

Apalagi di tengah kerumitan permasalahan pajak di Indonesia. Bahkan salah satu yang paling rumit di dunia. Padahal penerimaan negara dari pajak sangat diandalkan dalam APBN. Jika pengusaha maupun perorangan sulit sudah malas mengurus pajak, maka pemerintah sendirilah yang merugi.

Konsultan Pajak Resmi di Tengah Kerumitan Aturan Pajak

Berbagai permasalahan muncul seiring dengan regulasi yang rumit. Khususnya dalam bidang perpajakan. Hal ini disadari oleh semua pihak. Apalagi bagi pengusaha luar negeri yang tak semuanya memahami aturan yang sering berubah tersebut.

Berbagai permasalahn yang muncul mengiringi kerumitan rezim pajak di Indonesia:

  • Masalah investor luar negeri

Sulitnya pengurusan pajak, rumitnya regulasi, dan aturan yang sering berubah tanpa sosialisasi yang cukup menimbulkan banyak permasalahan. Salah satunya ialah terhambatnya investasi dari luar negeri.

Dalam hal ini, keberadaan konsultan pajak resmi yang kompeten akan sangat membantu. Dan befungsi sebagai jembatan yang memudahkan urusan pajak antara Wajib Pajak dan Aparatur Pajak Indonesia.

  • Membuat Wajib Pajak malas bayar pajak

Inilah akibat kerumitan dunia perpajakan di Indonesia.  Baik perorangan maupun badan sering kali malas mengurus pajak.

Padahal, semuanya harus sesuai dengan perundang-undangan yang ada. Konsultan pajak resmi membantu dalam pemebrian informasi, pemecahan masalah perpajakan, hingga pengurusan SPT tahunan Indonesia.

Semuanya menjadi lebih mudah dan praktis dengan memakai jasa tersebut. Terlebih baik pengusaha asing yang ingin berinvestasi di Indonesia. Pemahaman seputar pajak harus matang. Barulah bisa berbisnis dengan lebih mudah tanpa hambatan di kemudian hari.

Pemerintah Indonesia Dan Pendapatan Pajaknya

Penerimaan APBN dari hasil pajak sangat krusial. Tanpa pajak, pembangunan nasional bisa terhambat. Maka pemenuhannya merupakan hal wajib.

Dari tahun ke tahun, target pemerintah semakin tinggi. Di tahun 2017 saja,  Indonesia menargetkan pencapaian pajak hingga Rp. 1.498,87 triliun. Angka ini akan terus meningkat di tahun depan.

Maka, untuk bisa membantu pencapaiannya, bukan hanya menaikkan pajak, mengganti dan mengubah regulasi. Sosialisasi kesadaran pajak dan aturan baru sangat penting.

Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Maka dalam mengatasinya, konsultan pajak resmi menjadi perpanjangan tangan pemerintah dan membantu siapa saja menajdi Wajib Pajak yang taat.

Kesadaran Pajak Di Indonesia

Merupakan sebuah fakta bahwa orang Indonesia sendiri banyak yang belum tahu kewajiban pajak mereka. Hal ini bisa dimaklumi karena rumitnya perpajakan di Indonesia.

Salah satu permasalahan yang paling jelas terlihat ialah perpajakan bagi UMKM. Tidak semua pengusaha kecil ini menyadari kewajiban pajak mereka. Alasannya sangat simpel, kurang adanya sosialisasi dari badan Perpajakan.

Hal yang sama di rasakan para pengusaha dari luar negeri. Tanpa bantuan konsultan pajak resmi, maka akan sulit memahami dan juga memenuhi kewjaiban pajak mereka. Maka sudah menjadi tugas negara untuk membuat Wajib Pajak sadar akan kewajibannya.

Langkah tersebut menjadi sangat penting lnataran 70% penerimaan negara berasal dari pajak. Masyarakat bukannya tak sadar pentingnya membayar pajak. Namun mereka belum paham bagaimana pembayaran dan pemenuhan kewajibannya.

Dari total 29,3 juta wajib pajak, hanya 12,6 juta yang membayar pajak ke Direktorat Jenderal Pajak Indonesia. Dan hanya ada sekitar 683 ribu wajib pajak yang mengikuti tax amnesty.

Tag: , ,