Menu

08161654148

soleh.partners@gmail.com

Jl. Agung Raya II, RT.001, RW.007 No. 54A

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610

09:00

18:00

Tips Memilih Konsultan Pajak Yang Tepat Untuk Perusahaan
0 Comments

Tips Memilih Konsultan Pajak Yang Tepat Untuk Perusahaan

Anda kesulitan memilih konsultan pajak? Baca informasi tips memilih konsultan pajak berikut untuk mengetahui konsultan pajak yang terbaik. Menggunakan layanan konsultan pajak merupakan salah satu solusi apabila sebuah perusahaan atau personal kesulitan dalam mengurus pajak. Karena seperti yang diketahui mengurus pajak bukanlah hal yang mudah, Anda perlu menyiapkan, menghitung, bahkan hingga melaporkan pajak. Sangat direkomendasikan bagi perusahaan-perusahaan untuk menggunakan jasa konsutan pajak demi mencapai keefisienan dan keefektifan.

Begitu banyak konsultan pajak di Indonesia yang melayani jasa konsultan pajak. Bahkan di Jakarta sendiri, hampir di seluruh daerah terdapat layanan konsultan pajak. Meskipun demikian, tentu tidak semua perusahaan konsultan pajak tersebut dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan sudah berpengalaman di bidang ini. Banyak pula perusahaan konsultan pajak yang belum bersertifikat dan memberikan layanan tidak memuaskan.

Manfaat Memakai Layanan Konsultan Pajak

Secara umum, begitu banyak keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan apabila menggunakan layanan konsultan pajak. Lebih tepatnya, keuntungan dapat dirasakan secara langsung dalam melakukan pengurusan pajak dibandingkan melakukan pengurusan sendiri. Adapun untuk manfaat dari memakai layanan konsultan pajak adalah sebagai berikut :

  1. Lebih efisien, karena Anda dapat menghemat tenaga dan waktu.
  2. Tingkat kesalahan sangat kecil termasuk resiko kesalahan data.
  3. Tidak perlu lagi memikul beban berat untuk keperluan administratif pajak.
  4. Lebih aman karena konsultan pajak memahami prosedur pemeriksaan sehingga dapat mengantisipasi kesalahan perhitungan yang berpotensi merugikan perusahaan tersebut.
  5. Apabila terjadi masalah, dapat langsung diatasi.
  6. Fokus perusahaan tidak bercabang, perusahaan dapat lebih fokus terhadap pengembangan bisnis tanpa perlu memikirkan pajak.
  7. Perusahaan dapat melakukan perencanaan pajak (Tax Planning)

Dilihat dari keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan jasa konsultan pajak, maka dapat dipastikan menggunakan jasa ini memang lebih direkomendasikan dibandingkan mengurus pajak sendiri.

Bagaimana Memilih Konsultan Pajak Terbaik?

Dalam memilih konsultan pajak, nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal yang terkait dengan kredibilitas dan pengalaman jasa konsultan pajak. Nah untuk memudahkan Anda dalam menemukan konsultan pajak terbaik, Anda bisa perhatikan beberapa tips memilih konsultan pajak berikut :

1. Pastikan Memiliki Sertifikat Dan Ijin Praktek

Memilih konsultan pajak wajib jasa tersebut sudah terdaftar dan mendapat izin praktek dari Dirjen Pajak. Anda juga bisa pastikan konsultan tersebut sudah tergabung ke dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia.

2. Pastikan Tidak Pernah Melakukan Pelanggaran

Konsultan pajak yang baik akan memilih untuk melakukan penghindaran pajak (Tax Avoidance) secara legal, bukan pengelakkan pajak (Tax Evasion) yang ilegal. Apabila Anda menemukan konsultan pajak yang menawarkan jasa pengelakkan, pengemplangan, dan penggelapan pajak, maka jangan menerima tawaran tersebut. Sebab mempunyai resiko yang besar. Jika tindakan tersebut diketahui, maka akan ada resiko berupa sanksi yang harus ditanggung.

3. Pilih Konsultan Pajak Yang Memiliki Komitmen

Konsultan pajak yang mempunyai komitmen akan menjaga kerahasiaan atau privasi dari kliennya dengan baik. Dalam hal ini, hal utama yang diandalkan adalah kepercayaan. Diperlukan adanya kepercayaan antara Wajib Pajak dan konsultan pajak.

4. Memilih Konsultan Pajak yang Dapat Menjadi Partner

Ada baiknya Anda menggunakan konsultan pajak yang tepat dengan memandangnya bukan hanya dapat menyelesaikan pekerjaan pajak saat itu saja. Namun juga dijadikan sebagai partner yang membantu kesuksesan usaha Anda. Dengan mengubah pandangan tersebut, hubungan Anda dengan sang konsultan menjadi lebih terbuka dan ada kepercayaan yang lebih untuk mendukung potensi perusahaan.

5. Sesuaikan Budget dan Kebutuhan Perusahaan

Konsultan pajak biasanya menawarkan biaya yang berbeda-beda tergantung pada jenis pelayanan yang Anda butuhkan. Ada biaya per jam namun Ada juga yang menyediakan biaya dalam sistem long term, sangat tergantung pada jumlah pekerjaan yang harus dilakukan. Anda bisa pilih konsultan pajak yang bisa memberikan penawaran harga sesuai dengan budget Anda.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih konsultan pajak. Jika Anda mencari konsultan pajak yang memenuhi standar tersebut, maka Anda tidak perlu bingung lagi karena ada Kami Tazkia Consulting. Kami menawarkan pelayanan yang terbaik untuk Anda dengan harga yang termurah. Hubungi Kami untuk menggunakan jasa konsultan pajak Kami sekarang juga !

Baca Juga :

Tag: , , ,